Jumat, 25 Mei 2018

RPP Fungsi Kelas X Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                        : SMA NEGERI KARANG JAYA
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/ semester            : X IPA/I
Alokasi Waktu              :  4 x 45 menit ( 4 Jam pertemuan)


A.   Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Menyusun persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak dari masalah kontekstual







3.1.1 Mengingat kembali pengertian persamaan linear satu variabel
3.1.2 Mengingat kembali pengertian pertidaksamaan linear satu variabel
3.1.3 Mendefinisikan pengertian nilai mutlak
3.1.4 Menuliskan  sifat- sifat nilai mutlak
3.1.5 Menyusun persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
3.1.6 Menentukan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel

4.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear  satu variabel
4.1.1 Mengunakan konsep nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai mutlak
4.1.2 Mengunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan untuk menentukan penyelesaian permasalahan nilai mutlak


C.   Materi Pembelajaran
-          Persamaan linear satu variabel
-          Pertidaksamaan linear satu variabel
-          Definisi nilai mutlak
-          Sifat-sifat nilai mutlak
-          Fungsi nilai mutlak
-          Persamaan nilai mutlak linear satu variabel
-          Pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel

D.   Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama (2JP)
Indikator :
3.1.1Mengingat kembali pengertian persamaan linear satu variabel
3.1.2 Mengingat kembali pengertian pertidaksamaan linear satu variabel
3.1.3 Mendefinisikan pengertian nilai mutlak



Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Berdoa
2. Guru mengabsen peserta didik
3. Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4. Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
5. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6. Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.

10 menit
Inti
Discovery Learning:
1. Stimulation (Pemberian Stimulus)
· Guru menyajikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
2. Problem Satatement (Identifikasi Masalah)
· Siswa mengidentifikasi permasalahan yang diberikan oleh guru.
3. Data Callecting (Mengumpulkan Data)
Data Processing (Mengolah Data)
·    Semua siswa mendapat tugas untuk menyelesaikan permasalahan.
·    Selama siswa bekerja, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk menyelesaikan pekerjaannya.
4.     Verification (Menguji Hasil)
·    Setelah selesai siswa mengerjakan hasil pekerjaannya di papan tulis.
5.     Generalization (Menyimpulkan)
·    Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
65 menit
Penutup
1.       Siswa diminta membuat rangkuman tentang konsep nilai mutlak.
2.       Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung.
3.       Guru memberikan tes akhir kepada siswa.
4.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.       Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran.
15 menit

2.       Pertemuan Kedua (2JP)
Indikator
3.1.4 Menuliskan  sifat- sifat nilai mutlak
3.1.5 Menyusun persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
3.1.6 Menentukan penyelesaian  persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Berdoa
2.       Guru mengabsen peserta didik
3.       Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4.       Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
5.     Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
6.       Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan

10 menit
Inti
Discovery Learning:
1. Stimulation (Pemberian Stimulus)
·         Guru menyajikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
2.       Problem Satatement (Identifikasi Masalah)
·         Siswa mengidentifikasi permasalahan yang diberikan oleh guru.
3.       Data Callecting (Mengumpulkan Data)
4.       Data Processing (Mengolah Data)
·         Semua siswa mendapat tugas untuk menyelesaikan permasalahan.
·         Selama siswa bekerja, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk menyelesaikan pekerjaannya.
5.       Verification (Menguji Hasil)
·         Setelah selesai siswa mengerjakan hasil pekerjaannya di papan tulis.
6.       Generalization (Menyimpulkan)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
65 menit
Penutup
1.       Siswa diminta membuat rangkuman tentang konsep nilai mutlak.
2.       Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung.
3.       Guru memberikan tes akhir kepada siswa.
4.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.       Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran.
15 menit


E.      Penilaian, pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.    Teknik penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali konsep nilai mutlak.
b.       Mampu menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan konsep nilai mutlak.

Tes tertulis

Penyelesaian tugas
2.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep nilai mutlak.

Pengamatan

Penyelesaian tugas
2.    Instrumen penilaian:
Pertemuan Pertama
1)    Pengetahuan (terlampir)
2)    Keterampilan (terlampir)
3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

F.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.       Media/alat:
Lembar kegiatan siswa (terlampir)
2.       Bahan:
Konsep Nilai Mutlak
3.       Sumber Belajar
Matematika untuk kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.




Mengetahui,
Kepala SMA Negeri Karang Jaya



HASIAH, S.Pd
NIP. 19700123 200003 2 002  
Karang Jaya,  Juli 2017

Guru Mata Pelajaran



KANDA ALI
NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar